oleh

Cegah Virus PKM Terhadap Hewan,Babinkamtibmas Polsek Alla Memberikan Himbuan Pencegahan

Tribratanewsenrekang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Alla Briptu Suhardiman memberikan sosialisasi upaya pencegahan dan penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang sedang menjadi trend saat ini kepada Pemilik Ternak Sapi di Dusun Totallang Desa Baroko Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Rabu (23/November/2022)

Pada kesempatan tersebut, Briptu Suhardiman juga meninjau kandang Sapi milik warga dan menyampaikan pesan-pesan tentang pencegahan terhadap PMK pada ternak

Dirinya menerangkan, upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK dengan meningkatkan kesehatan, dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang agar ketap dalam keadaan bersih.

“Kami meminta warga tidak perlu panik, karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia. Kita tidak usah takut mengkonsumsi daging sapi maupun Kambing maupun daging hewan lainnya,” pintanya.

Apabila ada hewan ternak sakit, ucap dia, agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, sehingga mendapatkan pengobatan dengan baik.

Briptu Suhardiman juga meminta,  kepada peternak tidak perlu menjual hewan tersebut, namun  perlu diisolasi dan diobati agar dapat sembuh.

Dari hasil pemantauan di sejumlah peternakan sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku.

“Namun demikian kami sampaikan imbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi maupun kambing di wilayah Kecamatan Kapuas agar masyarakat selalu mengontrol ternakannya,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *