oleh

Lakukan Mediasi, Briptu Firman Bhabinkamtibmas Polsek Enrekang Sukses Damaikan Warganya

Tribratanewsenrekang.com – Menjadi sosok yang sangat dekat dengan masyarakat, Bhabinkamtibmas merupakan sosok Polri yang dituntut mampu menjadi bagian yang penting dalam menjaga kamtibmas di masyarakat.

Briptu Firman yang dikenal sebagai sosok Bhabinkamtibmas yang peduli dan dekat dengan masyarakat kembali menunjukkan bentuk kepeduliannya dalam memediasi warganya yang berperkara.

Temui masyarakat yang memiliki permasalahan, Briptu Firman mengajak seluruh tokoh masyarakat yang berada di Dusun Panassang Desa Tallu Bamba untuk duduk bersama dan melakukan mediasi agar menyelesaikan masalah tersebut dengan cara kekeluargaan, Selasa (19/01/21).

Briptu Firman memberikan arahan dan wejangan kepada masyarakat dan berhasil mendamaikan warganya, Masjid Nurul Iman Dusun Panassang Desa Tallu Bamba Enrekang, Selasa (19/01/21).

Memberikan arahan dan saran, Briptu Firman berharap agar setiap masalah yang muncul agar dapat didudukkan bersama untuk mencari solusi.

“ Hadirnya kami disini bersama Babinsa sebagai bentuk pelayanan, dan disini kami hadir sebagai masyarakat yang senantiasa mendengar keluh kesah sesama masyarakat “ ujarnya saat memediasi warga di Masjid Nurul Amin Dusun Panassang Desa Tallu Bamba.

Diketahui pokok permasalahan yang dibahas terkait kasus penghinaan yang menyudutkan salah satu pihak yang membuat nama baik tertuduh menjadi tercemar dan dijauhi oleh masyarakat setempat.

Mengangkat masalah tersebut, Briptu Firman menyampaikan kepada pihak yang bermasalah serta seluruh masyarakat agar masalah ini dapat diselesaikan hingga tidak menimbulkan fitnah yang dapat sampai kepada jalur hukum.

“ Fitnah atau penghinaan dapat dijerat pasal bapak/ibu, tapi hadirnya kami disini mengesampingkan dulu hal tersebut mengingat musyawarah menjadi jalan utama dalam menyelesaikan masalah “ ujarnya.

Setelah panjang lebar membahas masalah tersebut dan Bhabinkamtibmas memberikan wejangan-wejangan terkait masalah tersebut akhirnya kedua belah pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan serta Bhabinkamtibmas meminta masyarakat untuk tidak mengungkit lagi masalah tersebut.

“ Masalah ini telah selesai dan kedua pihak sepakat berdamai, namun apabila dikemudian hari di temukan yang melanggar hasil kesepakatan ini maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku “ jelasnya.

Para tokoh dan masyarakat mengaku sangat berterima kasih dengan kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang mampu meredam masalah tersebut dan mampu membuat kondisi di Dusun Panassang kembali kondusif.

“ Terima kasih pak sudah mampu membuat kondisi kampung kami kembali kondusif “ ucap Tokoh adat Dusun Panassang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *